Tuesday, September 29, 2015

FKY 2015

Festival yang pertama kali digelar tahun 1989 ini adalah event tahunan seni budaya yang telah menasional dan menjadi favorit masyarakat Yogyakarta.  Perjalanan selama 26 tahun tersebut makin memantapkan FKY sebagai sebuah etalase berformat festival. Tidak hanya itu, FKY telah dikenal luas sebagai “rumah” segala even seni dan budaya di Yogyakarta. Berbagai wujud seni, baik rupa, pertunjukan, kriya, dan produk, selalu disajikan dengan “kemasan” berbeda sehingga menumbuhkan kerinduan masyarakat terhadap event ini.

DANDAN dalam bahasa Jawa memuat dua aktivitas: bersolek dan berbenah. Bersolek selalu identik dengan aktivitas yang menuntun pada kualitas estetika; paras atau penyajian. Sedangkan berbenah identik dengan upaya perbaikan fisik atau non-fisik. Membawa keduanya sebagai konsep dalam FKY 27, adalah upaya untuk menyajikan seni dan budaya Yogyakarta, baik di wilayah kota maupun kabupaten secara maksimal, sebagai wujud karakter dari Yogyakarta sebagai kota seni dan budaya.



Bekerjasama dengan panita FKY XXVII tahun 2015, BC+A  Ateliers turut berpartisipasi memeriahkan dengan membuat suatu karya lighting yang mencerminkan kota Yogyakarta dan diaplikasikan pada dua pintu masuk festival. Konsep yang digunakan adalah See Our Yogyakarta,yang konsep dan temanya membaur dengan konsep pada FKY 2015 , dimana kami membuat gambaran  kota Yogyakarta melalui ekspresi lighting. 

Proses pembuatan
-       Team BC+A Ateliers mensurvei lokasi yang akan didesain dan berdiskusi dengan ketua panitia serta ketua tim kreatif. Lokasi yang dipilih adalah 2 pintu masuk Festival sebelah utara dan selatan. Membuat bidang penangkap bayangan dengan bidang yang datar, dimana bayangan yang dibentuk berasal dari spot light yang diarahkan pada potongan-potongan silhouette kota Yogyakarta yang telah digantung pada atap pintu masuk bagian utara dan selatan agar tercipta silhouette kota Yogyakarta pada bidang kain tersebut.


Proses Pengerjaan Instalasi

View Instalasi Sore Hari
  
Bayangan yang Terbentuk di Malam Hari

View Instalasi Malam Hari





No comments:

Post a Comment